5 Tips Diet Setelah Lebaran Agar Badan Tetap Bugar

Posted on

Setelah menahan lapar dan dahaga selama sebulan, Lebaran memang jadi momen yang seru untuk makan-makan. Biasanya ada banyak kudapan yang dihadirkan, hingga tak jarang kita menelan banyak makanan tanpa pertimbangan. Agar tetap sehat dan bugar, kamu bisa melakukan diet setelah Lebaran.

Kali ini tim MAHI berbagi tips diet setelah Lebaran yang akan membantu mengendalikan nafsu makanmu. Tenang, diet bisa kita lakukan pelan-pelan kok, jadi kamu tidak merasa terbebani. Mulai dari mengatur porsi makan hingga apa menu apa saja yang disarankan, beberapa tips berikut bisa kamu ikuti!

1. Perbanyak sayuran

Makanan di Hari Raya biasanya didominasi oleh protein hewani, misalnya saja opor ayam atau rendang daging. Tak sedikit pula yang hidangan yang mengandung santan dan minyak. Agar tubuhmu mendapatkan nutrisi seimbang, hidangkan menu sayuran yang kaya serat.

Banyak hidangan sayuran yang bisa jadi pilihanmu. Jika kamu kurang suka salad, atau raw food, kamu bisa memulai diet setelah Lebaran dengan olahan sayuran yang lezat. Contohnya saja tumis brokoli, capcay, sup jamur, dan lain-lain.

2. Ganti camilan dengan buah

Deretan kue kering kaya rasa sangat menggoda selera, ya? Mencicipi aneka kue tentu sah-sah saja, tapi atur porsinya, ya. Keinginan untuk mengemil yang manis-manis, bisa kamu penuhi dengan menyantap buah-buahan.

Sajikan potongan buah segar untuk pengganti camilan yang didominasi gula atau minyak. Kamu juga bisa mengolah buah menjadi jus segar. Minuman segar ini bisa jadi pengganti minuman kemasan yang mengandung gula tinggi. Resep jus mangga yogurt beri ini bisa jadi andalanmu. Rasanya tak kalah nikmat, lho!

3. Mengatur porsi makan untuk diet setelah lebaran

Tak bisa dipungkiri, jika ada menu tertentu yang biasanya hanya disajikan saat Lebaran. Tentu kita tidak mau kehilangan momen itu hanya karena sedang diet. Salah satu kuncinya adalah dengan mengatur porsi makanmu.

Dalam campaign yang dibuat Kemenerian Kesehatan RI, kita mengenal isilah “Piringku”. Menurut anjurannya, setengah piring harus didominasi sayuran dan buah. Setengahnya lagi baru kamu isi dengan karbohidrat dan protein hewani. Kombinasi seimbang ini menjadi asupan yang baik untuk tubuhmu.

4. Mengunyah pelan-pelan

Mengunyah dengan pelan tanpa terburu-buru dapat membantu proses pencernaan (Foto: Shutterstock)

Kunci lainnya agar kamu tetap bisa mencicipi makanan favoritmu usai Lebaran, adalah dengan mengatur cara mengunyah. Hindari makan dengan terburu-buru. Kunyah sampai makanan bertekstur halus.

Mengunyah dengan pelan akan membuat ilusi perut menjadi cepat kenyang. Selain itu, makanan yang dikunyah dengan baik akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Dengan begitu, nutrisinya lebih terserap optimal.

5. Tetap aktif bergerak

Mengatur pola makan saja tidak cukup. Badanmu harus tetap aktif bergerak. Kamu bisa berolahraga di rumah dengan menggunakan aplikasi workout atau melihat tutorialnya di Youtube. Kamu juga boleh kok jogging keliling komplek. Ada banyak kok cara untuk bergerak.

Selain menjaga berat badanmu, berolahraga juga dapat merangsang hormon endorphin yang membuat mood menjadi lebih baik. Lakukan dengan konsisten untuk hasil yang optimal, ya!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *