5 Menu Sahur Sehat dan Nikmat Agar Puasa Makin Semangat

Posted on

Sahur jadi momen penting untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Tentunya kita harus memilih menu sahur sehat yang memenuhi kebutuhan gizi harian mulai dari protein, karbohidrat, dan serat.

Kali ini tim MAHI berbagi lima resep menu sahur sehat yang mudah diikuti. Kita bisa mempersiapkan makanan sahur dari satu malam sebelumnya, agar saat dini hari tak perlu repot masak dari nol lagi. Menu apa saja yang bisa kita pilih? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!

1. Ayam panggang ketumbar, istimewa saat sahur

Untuk memenuhi kebutuhan protein, kita bisa menyajikan olahan ayam. Kali ini, kami merekomendasikan resep ayam panggang ketumbar. Ayam panggang ketumbar ini tidak melalui proses deep fried yang biasanya menyerap minyak terlalu banyak.

Namun meski begitu, kita menggunakan sedikit minyak sayur untuk menumis bumbu sebelum proses ungkep. Ganti dengan minyak canola agar lebih sehat. Agar makin praktis, ungkep ayam terlebih dahulu di malam hari. Jadi, saat dini hari kita hanya tinggal memanaskannya di wajan antilengket atau di oven.

2. Sayur bening daun kelor, menu sahur sehat

Penuhi kebutuhan serat dan vitamin dengan daun kelor yang digadang-gadang masuk ke dalam daftar superfood. Dari sekian banyak cara untuk mengolah daun kelor atau moringa ini, sayur bening jadi salah satu sajian paling praktis. Jadi, hidangan ini cocok dimasak di waktu sahur.

Kita bisa menambahkan labu siam dan jagung yang telah dipipil untuk memperkaya sajian sayur bening ini. Rasa yang ringan dan segar bisa membuatmu tetap berselera meski harus makan di waktu dini hari. Yuk, kita coba resep sayur daun kelor ini!

3. Capcay kuah udang, kaya akan nutrisi

Capcay kuah udang yang lezat dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Menu sayuran lainnya yang bisa kita olah adalah resep capcay kuah udang. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa capcay terdiri dari beragam jenis sayuran yang kaya serat. Sebut saja wortel, kembang kol, buncis, hingga brokoli.

Agar rasanya makin spesial, kita bisa tambahkan protein hewani ke dalamnya. Salah satunya adalah udang. Makanan laut ini juga relatif cepat matang, jadi aman untuk dimasak dalam waktu singkat. Simak resep capcay kuah udang untuk ciptakan menu sahur sehat penuh nutrisi.

4. Sapo tahu tiga jamur, begitu menghangatkan

Sapo tahu dengan tiga varian jamur yang lezat. (Foto: MAHI)

Kandungan protein juga bisa kita dapatkan dari tahu. Salah satu sajian yang jadi favorit tim MAHI adalah resep sapo tahu jamur. Dalam resep ini, kita tambahkan beragam jenis jamur yang kaya nutrisi dan macam-macam sayuran lainnya.

Madu tak hanya memberikan tekstur kental yang membuat makanan ini makin nikmat, tapi juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Sajikan sapo tahu jamur hangat di tengah meja makan, agar anggota keluarga makin semangat sahur.

5. Nasi tim merah, karbohidrat yang dibutuhkan

Salah satu kebutuhan tubuh yang tak kalah penting tentu saja karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat dapat memberikan energi untuk kita selama berpuasa. Namun, pastikan untuk memilih karbohidrat kompleks yang tinggi serat sehingga membuat kita kenyang lebih lama.

Adalah nasi merah yang jadi contohnya. Ada banyak cara mengolah nasi merah agar tidak terasa hambar, salah satunya adalah mengolahnya jadi nasi tim. Lihat resep nasi tim merah yang pernah kami ulas sebelumnya. Dengan tekstur yang lembut, olahan ini juga tidak akan membuatmu perutmu kaget saat makan di waktu dini hari. Yuk, kita coba!

Agar tidak cepat haus, hindari penambahan garam yang berlebihan. Seimbangkan nutrisi dalam makananmu agar puasa semakin lancar!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *