5 Menu Buka Puasa Irit untukmu yang Berhemat

Posted on

Menjelang Lebaran, biasanya ada saja kegiatan yang harus dipenuhi – mulai dari kirim-kirim parcel ke sanak saudara hingga membeli baju baru. Agar kantong tetap aman, mau tak mau kita harus berhemat. Salah satu caranya adalah dengan memilih menu buka puasa irit sedari dini.

Makanan irit bukan berarti tidak enak, lho. Begitupun soal nutrisi juga bukan berarti minimalis. Sayuran kaya serat seperti kangkung, bayam, dan buncis justru punya harga yang murah meriah. Nah, kali ini kita akan berbagi rekomendasi menu buka puasa irit untukmu!

1. Kangkung asam jawa, menu buka puasa irit

Salah satu makanan sederhana yang punya kenikmatan tersendiri adalah tumis kangkung. Diolah dengan asam jawa, sajian ini begitu mengundang selera. Apalagi jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal.

Kabar baiknya, cara mengolahnya tidak membutuhkan waktu lebih dari 30 menit. Kita hanya memerlukan sedikit bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit air asam. Jika ingin terasa lebih spesial, kamu bisa tambahkan ikan teri. Makanan irit, tapi punya rasa selangit!

2. Jamur krispi saus kecap, pilihan tepat sebagai takjil

Tak lengkap memang jika tidak ada sajian gorengan saat berbuka puasa. Kita bisa menyajikan makanan spesial dengan harga murah meriah, yakni jamur krispi! Disajikan dengan cocolan saus kecap, jamur ini juga bisa jadi menu camilan saat takjil.

Jamur yang kita pilih adalah jamur tiram yang bentuknya lebar. Pastikan kamu memilih jamur yang masih segar, ya, karena akan memengaruhi rasanya. Agar jamur tidak lembap, keringkan jamur dengan tisu dapur sebelum diolah dengan tepung. Simak resep jamur krispi saus kecap dan sajikan untuk yang tersayang di rumah!

3. Semur ati ayam, andalan saat kehabisan ide

Sajikan semur ati ayam pedas sebagai menu sehari-hari. (Foto: MAHI)

Kebutuhan protein sekaligus zat besi bisa kita dapatkan dari ati ayam. Harganya relatif lebih murah dibandingkan bagian daging ayam. Meski banyak cara mengolah ati ampela, salah satu sajian yang sulit ditolak justru adalah resep semur ati ayam satu ini.

Beberapa bumbu andalan untuk membuat semur ati ayam adalah bawang merah, bawang putih, cabai keriting, tomat, jahe, dan merica. Jangan lupa untuk menuangkan Bango Kecap Manis, yang tak hanya memberikan warna hitam keemasan yang menarik tapi juga rasa menggugah selera.

4. Tumis taoge ikan asin, menu pendamping segala suasana

Aneka tumisan tauge di atas piring kayu.
Aneka tumisan lezat ini praktis dibuat, cocok untuk menu buka puasa praktis dan irit. (Foto: Shutterstock)

Sayuran lainnya yang bisa kamu pilih untuk berhemat adalah taoge. Dengan harga yang ekonomis, taoge punya rasa yang tak kalah lezat! Kamu bisa mengolah tumis taoge dengan tambahan ikan asin untuk rasa yang lebih nikmat.

Bumbu dasar yang kita perlukan adalah bawang putih, kucai, cabai, dan daun bawang. Cukup tumis sebentar taoge, lalu hidangkan dengan nasi hangat. Resep tumis taoge ini juga praktis untuk hidangan sahurmu.

5. Bakwan tahu, camilan saat di rumah aja

Protein nabati bisa kita dapatkan dari tahu. Dari sekian banyak resep yang bisa dicoba, salah satu sajian paling praktis tapi punya rasa yang nikmat adalah resep bakwan tahu.

Sedikit berbeda dengan aneka bakwan lainnya, tahu punya tekstur yang lebih basah sehingga lebih mudah hancur. Agar melekat sempurna, kita perlu tambahan telur. Nah, biasanya tekstur bakwan memang agak lembek jika memakai telur. Sisasati dengan memakai air es untuk mengolah adonannya, ya.

Demikian lima menu buka puasa irit yang bisa kamu coba. Tak perlu takut berhemat, karena kita tetap bisa menyajikan makanan yang lezat!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *